HUTAN PINUS ASRI DLINGO BANTUL

66666

 sumber foto: jdtranswisata.com

 

Daerah  Dlingo Bantul sekarang sudah berubah menjadi wilayah paling diburu oleh pemburu spot foto kekinian. Begitu sayang dilewatkan setiap sudut di kawasan Dlingo, pasalnya terdapat beragam spot foto ciamik. Letak geografis wisata terdapat pepohonan asri dan pegunungan begitu mendukung aktivitas foto dengan background alam. Belum lagi pesona hutan pinus yang menyelimuti kawasan Dlingo semakin menyempurnakan lanskap pemandangan alam yang sangat memukau.

Trend anak muda yang gemar dokumentasi berbagai kegiatan ke dalam foto di akun sosial media, mampu dimanfaatkan betul oleh penduduk Bantul membuat wisata spot foto kekinian Hutan Pinus Asri Karangasem. Lokasi destinasi wisata hutan pinus Asri berada di kawasan Dlingo, dimana selalu dibanjiri oleh wisatawan anak muda untuk sekedar mengabadikan momen terindah.

Gardu Pandang pinus Asri merupakan salah satu wisata baru di Yogyakarta yang diresmikan pada bulan januari 2017. Lokasi gardu pandang pinus Asri berada di kawasan hutan asri Karangasem. Hutan pinus Bantul ini terkenal panggung wisata alam memukau yang membuat siap pun berkunjung disana merasa kagum.

Spot deck view hutan pinus memang tergolong baru, namun sebenarnya wisata pinus Asri Dlingo telah lama dikenal oleh masyarakat Yogyakarta. Dulu kawasan ini lebih dikenal hutan pinus Mangunan. Ketika berada disana wisatawan akan merasakan suasana hutan pacific nortwest, hal ini  disebabkan karena terdapat pohon-pohon pinus menjulang tinggi yang diselimuti kabut tipis yang membuat suasana menjadi begitu sejuk.

Berbeda dengan deck view atau gardu pandangan beberapa destinasi wisata di Dlingo lainnya yang didesain unik, gardu pandangan di hutan pinus Asri tanpa diberi sentuhan artistik, hal tersebut agar memberikan kesan alami dan klasik. Meskipun demikian bangunannya dibuat kokoh menggunakan kayu jati asli.

Dengan hadirnya hutan pinus Asri di Bantul melengkapi pesona keindahan alam di kawasan pinus Asri Dlingo. Lantaran di gardu pandangan, pengunjung dapat mengambil foto selfie memanfaatkan background hutan serta dataran tinggi kecamatan Imogiri. Begitu jelas terlihat bentangan cakrawala serta perpaduan hutan pinus asri akan memanjakan mata Anda.

Tidak hanya fasilitas wisata berupa gardu pandangan saja, melainkan pengelola wisata telah menyediakan beragam fasilitas pendukung aktivitas rekreasi seperti gazebo, tempat duduk, tempat ibadah berupa mushola dan tempat sampah.

Suasana sejuk disertai pemandangan indah yang membentang akan membuat wisatawan betah duduk berlama-lama di deck view hutan pinus Asri. Namun semua ini merupakan gardu pandangan alam, maka jangan berlama-lama mengambil foto lantaran telah banyak pengunjung antri untuk mencoba gardu pandangan hutan pinus Asri.

Aku saranin buat temen-temen yang mau melihat keindahan di Hutan Pinus Asri hendaknya untuk datang pada saat pagi hari untuk melihat sunrise dan sore hari untuk melihat sunset.

Lokasi Wisata Hutan Pinus Asri

Bagi wisatawan yang ingin rekreasi ke hutan pinus Asri maka wajib mengetahui lokasi wisata nya. Hutan Pinus Asri terletak di Jalan Raya hutan pinus Nganjir, Karangasem, kawasan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Jam operasional wisata yakni buka antara pukul 06.00 WIB – 18.00 WIB. Jaraknya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, yakni memerlukan jarak tempuh kurang lebih 22 kilometer dan waktu tempuh hampir satu jam perjalanan.

Rute hutan pinus Asri yakni mengikuti ke arah kebun buah Mangunan. Apabila datang dari kota Yogyakarta, maka ke arah selatan menuju ke terminal Giwangan lurus terus melalui jalan Imogiri timur.

Sesampai di pertigaan pasar Imogiri ambil ke arah kiri ke makam para raja-raja. Sebelum sampai di makam raja ada pertigaan ambil ke arah kanan arah kebun buah Mangunan terus saja ikuti jalan beraspal. Sesampai di kawasan Mangunan Cultural Project, ambil ke arah kiri ke jalan Pinus Nganjir dari situlah destinasi wisata sudah dekat letaknya berada di kanan jalan.

Tiket Masuk Hutan Pinus Asri Bantul

Tiket masuk hutan pinus asri sebesar Rp 5000.  Untuk tarif parker parkir sepeda motor Rp. 2.000 sedangkan kendaraan mobil dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 10.000.

 

Leave a comment